Sabtu, 30 Agustus 2014

The Girl Who Loved Tom Gordon

Gadis Penggemar Tom Gordon
by. Stephen King
Saya akui, Stephen King memang jagonya dalam menulis cerita menegangkan. Awalnya saya bingung apa hubungannya Gadis Pecinta Tom Gordon dengan cerita seorang gadis kecil yang tersesat di hutan?

Ternyata cerita tentang gadis sembilan tahun, Patricia McFarland, ia tersesat di hutan pada saat pendakian bersama ibu dan kakaknya di Appalachian Trail kawasan Castle County. Saat itu Trisha (Patricia) yang ingin buang air kecil memisahkan diri dari ibu dan kakaknya yang asyik bertengkar mulut. Ia terlalu jauh masuk hutan -untuk sekedar buang air kecil- saat hendak kembali ke jalan setapak ia malah semakin masuk ke barat hutan (pada bagian ini saya sebal pada ibunya yang asyik berdebat dan kakak yang selalu mengeluh).

Pengalaman Trisha selama tersesat menegangkan dan alurnya lambat sekali, membuat saya gemas dan penasaran! Selama tersesat sepuluh hari itu Trisha berkhayal ditemani dengan Tom Gordon (atlet softball favoritnya dari tim Red Sox).

Pada akhir buku, King menuliskan bahwa "Tom Gordon yang sebenarnya memang ada, memang benar-benar melempar bola dalam peranan sebagai penutup pertandingan untuk Boston Red Sox, tapi Gordon dalam kisah ini hanya fiktif. Dalam salah satu hal Gordon yang sebenarnya dan Gordon versi Trisha memiliki persamaan: Keduanya menunjuk ke langit setelah berhasil mendapatkan save di akhir pertandingan.

Tanaman yang dimakan Trisha untuk bertahan hidup bisa ditemukan di hutan sebelah utara New England di akhir musim semi; seandainya ia bukan gadis kota, ia mungkin menemukan lebih banyak lagi persediaan makanan -lebih banyak kacang-kacangan, akar-akaran, bahkan cattail.
Hutannya sendiri memang nyata. Seandainya kau sempat mengunjunginya dalam liburan, bawa kompas, bawa peta yang bagus... dan cobalah untuk tetap berada di jalan setapak
."

Tidak ada komentar:

Posting Komentar