Jumat, 24 Mei 2013

The Old Man and The Sea

Lelaki tua dan laut - Ernest Hamingway
Ini benar-benar novel yang membosankan, awalnya, tapi dengan tema yang tidak biasa -kehidupan nelayan tua- saya malah enggan membaca setengah-setengah. Bagian yang benar-benar membosankan itu saat si nelayan tua melaut seorang diri selama beberapa hari. Ia berperang melawan ikan marlin raksasa tangkapannya yang sangat sulit ditarik ke permukaan, berkali-kali ikan raksasa itu memberontak. Saat dibagian ini nelayan itu sering berdialog seorang diri (saya jadi teringat film Cast Way-nya Tom Hank). Setelah hari ke tiga akhirnya ikan raksasa itu menyerah juga, ia pun naik ke permukaan. Yang jadi masalah selanjutnya: bagaimana cara mengangkut ikan raksasa itu ke dalam perahunya? 

Dan bagian yang menegangkan ketika nelayan tua itu hendak kembali ke daratan. Ia berkali-kali berperang melawan ikan-ikan hiu yang memburu hasil tangkapannya. Bagian ini benar-benar mebuat saya tegang, ingin menutup buku ini karena nggak sanggup membayangkannya tapi juga dihadang rasa penasaran: Apa nelayan tua itu berhasil kembali ke daratan dengan selamat? Apa ikan hasil tangkapannya bisa utuh hingga di daratan? Yang pasti saya mendapat pesan moral dari cerita ini. Seperti yang tertulis di sampulnya: "manusia bisa dihancurkan, tapi tidak bisa dikalahkan"

Ah iya, saya juga suka lihat foto-foto di halaman belakangnnya. Salah satunya foto Ernest Hemingway bersama ikan Merlin tangkapannya b^_^d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar